Skip to main content

Membalikkan urutan karakter pada string dengan Lazarus

Saat anda membuat aplikasi, seringkali anda harus berhubungan dengan string. Lazarus telah menyediakan banyak sekali prosedur dan fungsi yang berhubungan dengan string. Tapi ada hal-hal tertentu seperti membalik urutan karakter pada string yang tidak disediakan prosedur atau fungsinya. Sekarang mari kita coba Membalikkan urutan karakter pada string dengan Lazarus.

Cara membalikkan urutan karakter dengan lazarus

Buat aplikasi baru dengan nama reversestring.
Selanjutnya mari kita buat fungsi baru untuk membalik urutan karakter dengan nama ReverseString. Kalau masih dalam tampilan visual (tampak Form1) tekan F12 untuk masuk ke source editor, Tulis sesudah type TForm1 = class(TForm) dan sebelum private.

type
  TForm1 = class(TForm)
     function ReverseString(s: string):string; //tulis disini fungsinya
  private


Kemudian tulis di bagian implementation kode berikut:

function TForm1.ReverseString(S: string):string;
var
   i : integer;
   s2 : string;
begin
   s2:='';
   for i:=1 to Length(s) do
   begin
     s2:=s[i] + s2;
   end;
   Result:=s2;
end;


Selanjutnya kembali lagi ke tampilan visual (Form1) dengan menekan F12. Tambahkan komponen berikut:
1 komponen button dan 2 komponen edit
Atur propertiesnya sebagai berikut:

Form1
  Caption isi dengan Reverse Strings

Button1
  Caption isi dengan Balik

Edit1
  Text kosongkan isinya

Edit2
  Text kosongkan isinya

Sehingga tampilan hasil akhir akan seperti gambar di bawah ini:

reverse string gambar1

Selanjutnya dobel klik pada tombol balik untuk membuat prosedur yang berfungsi bila tombol Balik di klik maka akan membalik urutan karakter yang tertulis pada komponen Edit1 dan menuliskan hasilnya pada komponen Edit2. Setelah dobel klik ketik kode di bawah ini:

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
  if Trim(Edit1.Text) <> '' then
    Edit2.Text:=ReverseString(Edit1.Text);
end;


Setelah selesai, simpan semua dan beri nama programnya reversestring dan unitnya ureversestring, terus jalankan dengan menekan tombol F9. Hasil akhirnya akan tampak seperti gambar di bawah ini:

reverse-string-gambar2

Semoga artikel Membalikkan urutan karakter pada string dengan Lazarus bermanfaat untuk anda, sampai jumpa lagi pada artikel seputar manipulasi teks lainnya. Happy coding :)

Sampai lupa, sourcecode lengkapnya seperti dibawah ini:

unit ureversestring;

{$mode objfpc}{$H+}

interface

uses
  Classes, SysUtils, FileUtil, Forms, Controls, Graphics, Dialogs, StdCtrls;

type

  { TForm1 }

  TForm1 = class(TForm)
    Button1: TButton;
    Edit1: TEdit;
    Edit2: TEdit;
    procedure Button1Click(Sender: TObject);
    function ReverseString(s: string):string;
  private
    { private declarations }
  public
    { public declarations }
  end;

var
  Form1: TForm1;

implementation

{$R *.lfm}

{ TForm1 }

function TForm1.ReverseString(S: string):string;
var
   i : integer;
   s2 : string;
begin
   s2:='';
   for i:=1 to Length(s) do
   begin
     s2:=s[i] + s2;
   end;
   Result:=s2;
end;

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
  if Trim(Edit1.Text) <> '' then
    Edit2.Text:=ReverseString(Edit1.Text);
end;

end.

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Kelebihan dan Kekurangan SQLite

  Artikel ini akan membahas tentang, tipe data yang didukung SQLite,  kelebihan dari SQLite, kekurangan SQLite, kapan sebaiknya ketika menggunakan SQLite dan kapan sebaiknya kita tidak menggunakan SQLite. Merujuk dari id.wikipedia.org disebutkan bahwa SQLite merupakan sebuah sistem manajemen basisdata relasional yang bersifat ACID-compliant dan memiliki ukuran pustaka kode yang relatif kecil, ditulis dalam bahasa C. SQLite merupakan proyek yang bersifat public domain yang dikerjakan oleh D. Richard Hipp . SQLite adalah perpustakaan menakjubkan yang disematkan di dalam aplikasi yang menggunakan. Sebagai database mandiri, berbasis file, SQLite menawarkan serangkaian menakjubkan alat untuk menangani segala macam data dengan jauh lebih sedikit kendala dan kemudahan dibandingkan dengan host, proses berbasis (server) database relasional. Ketika sebuah aplikasi menggunakan SQLite, integrasi bekerja dengan panggilan fungsional dan langsung dibuat untuk file memegang data (yaitu ...

Aplikasi Demo Penggunaan Memo ComboBox ListBox dan CheckBox (Belajar Lazarus #14)

Mempelajari Listbox yang Owner-Draw Lazarus telah kita bahas pada artikel sebelumnya, sekarang mari kita buat Aplikasi Demo Penggunaan Memo ComboBox ListBox dan CheckBox . CheckBox memberi dua pilihan (bahkan tiga pilihan) kepada pemakai, properti yang berkaitan dengan pilihan pada CheckBox yaitu: Ubah property Checked menjadi True agar CheckBox dipilih secara default. Ubah AllowGrayed menjadi True agar CheckBox mempunyai 3 pilihan, yaitu checked , unchecked dan grayed . Property State menyatakan apakah CheckBox dalam keadaan checked ( cbChecked ), unchecked ( cbUnchecked ), atau grayed ( cbGrayed ). Memo dipakai untuk memasukkan data yang lebih dari satu barus. ListBox menampilkan daftar dan Anda dapat memilih item-itemnya: Property Items dibakai untuk mengisi pilihan-pilihan yang mungkin. ItemIndex menyatakan item yang dipilih.  MultiSelect menyatakan apakah dapat memilih lebih dari satu pilihan pada saat yang bersamaan. Sorted menyatakan apakah daftar terurut sec...

Penggunaan MessageDlg Lazarus Free Pascal

Mari belajar Penggunaan MessageDlg pada Lazarus Free Pascal . MessageDlg berfungsi menampilkan pesan di tengah layar, kelebihan funsi MessageDlg dibandingkan dengan ShowMessage yang telah kita pelajari sebelumnya adalah kita bisa menentukan sendiri Caption dari kotak pesan, menentukan tipe gambar dan tipe tombol yang digunakan. Syntax Penggunaan MessageDlg Lazarus Free Pascal: MessageDlg('Isi Caption','Isi Pesan',Tipe Gambar,Tipe Tombol,0) Contoh: MessageDlg('Peringatan','Isikan banyak barang!',mtWarning,[mbOk],0) Maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini: Jenis-jenis Tipe Gambar: mtWarning : Tanda seru berwarna kuning. mtError : Tanda silang warna merah. mtInformation : Huruf i warna biru. mtConfirmation :  Tanda tanya warna biru. mtCustom : Tidak ada gambar. Jenis-jenis Tipe Tombol: mbYes : Tombol dengan tulisan 'Yes'. mbNo : Tombol dengan tulisan 'No'. mbOK : Tombol dengan tulisan 'OK'. mbCan...