Skip to main content

Mengenal Pemrograman Visual Lazarus Free Pascal (Belajar Lazarus #1)

Untuk mempelajari Pemrograman Visual Lazarus Free Pascal, kita perlu mengenal lingkungan pemrograman (Integrated Development Environtmen/IDE) dari Lazarus. Setelah anda sukses menginstalnya silahkan jalankan program Lazarus, maka akan tampil IDE dari Lazarus seperti di bawah ini.
Mulai saat ini dan seterusnya, pembelajaran Lazarus yang berurutan akan aku beri tambahan judul (Belajar Lazarus #nomor), kalau tidak ada berarti itu tutorial lepas bukan berseri.

IDE adalah sebuah lingkungan yang berisi tool-tool yang diperlukan untuk desain, menjalankan dan mengetes sebuah aplikasi, yang disajikan dengan baik untuk mempermudah pengembangan aplikasi/program. Seperti gambar di atas IDE Lazarus terdiri atas Menubar, Toolbar, Component Palette, Object Inspector, Source Editor, Form Designer dan Compiler Messages.

MENUBAR

Menubar berisi perintah-perintah yang digunakan untuk membuka, menyimpan, mengubah option, dan lain-lain. Sebagian dari fungsi menubar juga dapat dipanggil dengan tombol pada toolbar, maupun dengan cara menekan/klik tombol-tombol fungsi pada keyboard, diantaranya yang paling sering digunakan adalah tombol fungsi F9 yang berfungsi untuk menjalankan aplikasi/program yang kita buat. Tombol fungsi F11 berfungsi untuk menampilkan Object Inspektor, F12 berfungsi untuk menampilkan secara bergantian (Toggle View) Form/Unit. Jika suatu saat anda menjalankan Lazarus dan tidak menemukan jendela Form maupun Source Editor maka tekan Shift+F12 untuk menampilkan Form, dan Ctrl+F12 untuk menampilkan Source Editor. Kelima shortkey tombol tersebut kalau bisa dihapalkan demi kenyamanan dalam membuat program aplikasi.

TOOLBAR

Dengan toolbar, kita dapat melakukan beberapa operasi seperti pada menubar hanya dengan mengklik sebuah tombol. Setiap tombol pada toolbar mempunyai sebuah hint yang berisi informasi mengenai fungsi dari tombol tersebut.

COMPONENT PALETTE

Component Palette adalah toolbar yang berisi komponen-komponen yang terkumpul dalam tab-tab dalam kategori yang sama dan berfungsi untuk membangun program aplikasi. Isi dari Component Palette ini dapat ditambah sesuai kebutuhan kita. Di component palette inilah Pemrograman Visual Lazarus Free Pascal kelihatan nyata sebagai pemrograman visual yang memudahkan penggunanya, tinggal klik komponennya dan meletakkan dalam form saja.

object-inspector-lazarus
OBJECT INSPECTOR
Sangat diperlukan dalam pembuatan aplikasi. Dengan object inspector, kita dapat merubah properti dari setiap komponen dengan mudah sekali. Jika kita dapat mengontrol tindakan yang diambil jika terjadi event. Object Inspector terdapat 4 tab, yaitu Properties, Events, Favorites dan Restricted.

Tab Properties memberi kita fasilitas untuk melihat dan mengubah properti dari setiap item. Isi dari Object Inspector berubah-ubah mengikuti komponen yang anda klik. Jika kita melihat tanda + (plus), berarti properti tesebut mempunyai subproperti.

Tab Events berisi event-event yang dapat direspon oleh sebuah objek. Klik tab Events di sebelah kanan tab Properties. Misalnya kita ingin sesuatu dikerjakan pada saat form aktif, maka kita menyatakan tindakan tersebut pada event OnActivate.

Tab Favorites berisi event-event yang paling sering kita gunakan. Sedangkan Tab Restricted terus terang saja aku kurang paham, tapi setelah aku amati isinya berisi sebagian dari Tab Properties, cuman kenapa ditampilkan di Tab Restricted aku kurang paham. Kalau ada yang paham tolong dikoment ya! :)

Selain dengan mengklik langsung komponen untuk memilihnya juga bisa melalui Object Tree View pada bagian atas Object Inspector.

SOURCE EDITOR

Source editor merupakan bagian terpenting di Lazarus. Jendela ini dipakai untuk menuliskan program Free Pascal. Editor Lazarus sangat canggih, dengan fasilitas-fasilitas highlight, autocomplete untuk memudahkan dalam penulisan kode program.

FORM DESIGNER

Diawali dengan jendela kosong dengan nama default Form1 yang memungkinkan kita untuk merancang aplikasi secara visual. Dari sini kita dapat menentukan tampilan aplikasi kita. Kita berinteraksi dengan Form Designer dengan cara memilih komponen dari Component Palette dan meletakkannya ke dalam form. Setelah ada komponen dalam form, kita dapat mengatur prosisi atau mengubah ukurannya dengan menggunakan mouse. Kita dapat merubah tampilan dan perilaku komponen dengan menggunakan Object Inspector dan Source Editor.

COMPILER MESSAGES

Compiler Messages berfungsi untuk menyatakan informasi yang akan diberikan oleh compiler Lazarus. Di dalam Compiler Messages nanti akan ditampilkan hints dan atau peringatan selama proses compile. Dengan membaca pesan disini kita bisa memperbaiki kesalahan program kita dengan mudah.

Cukup sekian pengenalan Pemrograman Visual Lazarus Free Pascal (Belajar Lazarus #1), nanti kita lanjutkan dengan belajar memakai dan mengubah tampilan serta perilaku komponen.

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Kelebihan dan Kekurangan SQLite

  Artikel ini akan membahas tentang, tipe data yang didukung SQLite,  kelebihan dari SQLite, kekurangan SQLite, kapan sebaiknya ketika menggunakan SQLite dan kapan sebaiknya kita tidak menggunakan SQLite. Merujuk dari id.wikipedia.org disebutkan bahwa SQLite merupakan sebuah sistem manajemen basisdata relasional yang bersifat ACID-compliant dan memiliki ukuran pustaka kode yang relatif kecil, ditulis dalam bahasa C. SQLite merupakan proyek yang bersifat public domain yang dikerjakan oleh D. Richard Hipp . SQLite adalah perpustakaan menakjubkan yang disematkan di dalam aplikasi yang menggunakan. Sebagai database mandiri, berbasis file, SQLite menawarkan serangkaian menakjubkan alat untuk menangani segala macam data dengan jauh lebih sedikit kendala dan kemudahan dibandingkan dengan host, proses berbasis (server) database relasional. Ketika sebuah aplikasi menggunakan SQLite, integrasi bekerja dengan panggilan fungsional dan langsung dibuat untuk file memegang data (yaitu ...

Aplikasi Demo Penggunaan Memo ComboBox ListBox dan CheckBox (Belajar Lazarus #14)

Mempelajari Listbox yang Owner-Draw Lazarus telah kita bahas pada artikel sebelumnya, sekarang mari kita buat Aplikasi Demo Penggunaan Memo ComboBox ListBox dan CheckBox . CheckBox memberi dua pilihan (bahkan tiga pilihan) kepada pemakai, properti yang berkaitan dengan pilihan pada CheckBox yaitu: Ubah property Checked menjadi True agar CheckBox dipilih secara default. Ubah AllowGrayed menjadi True agar CheckBox mempunyai 3 pilihan, yaitu checked , unchecked dan grayed . Property State menyatakan apakah CheckBox dalam keadaan checked ( cbChecked ), unchecked ( cbUnchecked ), atau grayed ( cbGrayed ). Memo dipakai untuk memasukkan data yang lebih dari satu barus. ListBox menampilkan daftar dan Anda dapat memilih item-itemnya: Property Items dibakai untuk mengisi pilihan-pilihan yang mungkin. ItemIndex menyatakan item yang dipilih.  MultiSelect menyatakan apakah dapat memilih lebih dari satu pilihan pada saat yang bersamaan. Sorted menyatakan apakah daftar terurut sec...

Penggunaan MessageDlg Lazarus Free Pascal

Mari belajar Penggunaan MessageDlg pada Lazarus Free Pascal . MessageDlg berfungsi menampilkan pesan di tengah layar, kelebihan funsi MessageDlg dibandingkan dengan ShowMessage yang telah kita pelajari sebelumnya adalah kita bisa menentukan sendiri Caption dari kotak pesan, menentukan tipe gambar dan tipe tombol yang digunakan. Syntax Penggunaan MessageDlg Lazarus Free Pascal: MessageDlg('Isi Caption','Isi Pesan',Tipe Gambar,Tipe Tombol,0) Contoh: MessageDlg('Peringatan','Isikan banyak barang!',mtWarning,[mbOk],0) Maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini: Jenis-jenis Tipe Gambar: mtWarning : Tanda seru berwarna kuning. mtError : Tanda silang warna merah. mtInformation : Huruf i warna biru. mtConfirmation :  Tanda tanya warna biru. mtCustom : Tidak ada gambar. Jenis-jenis Tipe Tombol: mbYes : Tombol dengan tulisan 'Yes'. mbNo : Tombol dengan tulisan 'No'. mbOK : Tombol dengan tulisan 'OK'. mbCan...