Skip to main content

Struk Dasar Bahasa Pemrograman Pascal

Struktur dasar bahasa pemrograman pascal ada 3 bagian pokok, yaitu JUDUL PROGRAM, BAGIAN DEKLARASI, dan BAGIAN PERNYATAAN. Urutan 3 bagian struktur tersebut tidak boleh terbolak-balik, seperti Judul - Pernyataan - Deklarasi. Jadi harus urut, seperti berikut ini detail dari Struktur dasar bahasa pemrograman pascal:

JUDUL PROGRAM

BAGIAN DEKLARASI
- Deklarasi Unit
- Deklarasi Label
- Deklarasi Konstanta
- Deklarasi Tipe
- Deklarasi Variabel
- Deklarasi Sub program

BAGIAN PERNYATAAN
Begin
 Pernyataan1;
 Pernyataan2;
 Pernyataan3;
 Dst...;
End.

JUDUL PROGRAM bersifat optional, dan jika harus ditulis maka menggunakan kata-tercadang (*reserved word) PROGRAM lalu diikuti nama dan tanda titik koma.
Contoh:
PROGRAM Penjumlahan;
Adalah identik dengan:
Program Penjumlahan;
Penulisan kata-tercadang pada Judul, deklarasi dan Pernyataan tidak pengaruh dengan huruf besar atau kecil serta judul program tidak harus selalu sama dengan nama file program. Penulisan judul


BAGIAN DEKLARASI
Pada bagian deklarasi ini tidak semua deklarasi harus dituliskan, jadi yang ditulis yang diperlukan saja. Bahkan ada program yang tidak menulis bagian deklarasi sama sekali.
Contoh program tanpa deklarasi:
Program Tanpadeklarasi;                    {Judul Program}

Begin                                      {Bagian Pernyataan}
   Writeln('Ini program tanpa deklarasi');
End.
Contoh program dengan deklarasi lengkap:

Program Deklarasi; {Judul Program}

{Bagian  Deklarasi}
Uses   Crt;                 {Deklarasi Unit}
Label  Loncat;              {Deklarasi Label)
Const  Phi = 3.14;          {Deklarasi Konstanta}
Type   Bilnyata = Real;     {Deklarasi Tipe}
Var    JariJari : Bilnyata; {Deklarasi Variabel}

{Deklarasi Potongan Program}
Procedure Luaslingkaran(Radius: Bilnyata);
Begin
  Clrscr;
  Writeln('Luas lingkaran = ', 0.5 * phi * Radius * Radius);
End;

{Bagian Pernyataan / Program Utama}
Begin
 Jarijari:= 7.25;
 Luaslingkaran(jarijari);
 Goto loncat;
 Writeln('Ini bagian yang diloncati');
 Loncat:
 Writeln('Selesai hitung luas lingkaran');
 Repeat until Keypressed;
End.
Jika semuanya benar, maka hasilnya seperti berikut:

Dalam belajar bahasa pascal ini aku menggunakan aplikasi konsol milik Lazarus dan seluruh tutorial Free Pascal di blog ini akan menggunakan aplikasi konsol Lazarus, caranya jalankan program Lazarus klik File lalu New, kemudian akan tampil dialog berikut ini:


Pilih Simple Program lalu klik OK. Maka selanjutnya akan terbuka jendela source editor. Disinilah kita akan menulis semua kode program yang kita inginkan. Untuk menjalankan programnya jangan lupa tekan tombol F9 Selamat mencoba! Jika ada yang kurang jelas silahkan dikoment saja, mari kita diskusi bersama, aku juga lagi belajar :)




Comments

Popular posts from this blog

Inilah Kelebihan dan Kekurangan SQLite

  Artikel ini akan membahas tentang, tipe data yang didukung SQLite,  kelebihan dari SQLite, kekurangan SQLite, kapan sebaiknya ketika menggunakan SQLite dan kapan sebaiknya kita tidak menggunakan SQLite. Merujuk dari id.wikipedia.org disebutkan bahwa SQLite merupakan sebuah sistem manajemen basisdata relasional yang bersifat ACID-compliant dan memiliki ukuran pustaka kode yang relatif kecil, ditulis dalam bahasa C. SQLite merupakan proyek yang bersifat public domain yang dikerjakan oleh D. Richard Hipp . SQLite adalah perpustakaan menakjubkan yang disematkan di dalam aplikasi yang menggunakan. Sebagai database mandiri, berbasis file, SQLite menawarkan serangkaian menakjubkan alat untuk menangani segala macam data dengan jauh lebih sedikit kendala dan kemudahan dibandingkan dengan host, proses berbasis (server) database relasional. Ketika sebuah aplikasi menggunakan SQLite, integrasi bekerja dengan panggilan fungsional dan langsung dibuat untuk file memegang data (yaitu ...

Aplikasi Demo Penggunaan Memo ComboBox ListBox dan CheckBox (Belajar Lazarus #14)

Mempelajari Listbox yang Owner-Draw Lazarus telah kita bahas pada artikel sebelumnya, sekarang mari kita buat Aplikasi Demo Penggunaan Memo ComboBox ListBox dan CheckBox . CheckBox memberi dua pilihan (bahkan tiga pilihan) kepada pemakai, properti yang berkaitan dengan pilihan pada CheckBox yaitu: Ubah property Checked menjadi True agar CheckBox dipilih secara default. Ubah AllowGrayed menjadi True agar CheckBox mempunyai 3 pilihan, yaitu checked , unchecked dan grayed . Property State menyatakan apakah CheckBox dalam keadaan checked ( cbChecked ), unchecked ( cbUnchecked ), atau grayed ( cbGrayed ). Memo dipakai untuk memasukkan data yang lebih dari satu barus. ListBox menampilkan daftar dan Anda dapat memilih item-itemnya: Property Items dibakai untuk mengisi pilihan-pilihan yang mungkin. ItemIndex menyatakan item yang dipilih.  MultiSelect menyatakan apakah dapat memilih lebih dari satu pilihan pada saat yang bersamaan. Sorted menyatakan apakah daftar terurut sec...

Penggunaan MessageDlg Lazarus Free Pascal

Mari belajar Penggunaan MessageDlg pada Lazarus Free Pascal . MessageDlg berfungsi menampilkan pesan di tengah layar, kelebihan funsi MessageDlg dibandingkan dengan ShowMessage yang telah kita pelajari sebelumnya adalah kita bisa menentukan sendiri Caption dari kotak pesan, menentukan tipe gambar dan tipe tombol yang digunakan. Syntax Penggunaan MessageDlg Lazarus Free Pascal: MessageDlg('Isi Caption','Isi Pesan',Tipe Gambar,Tipe Tombol,0) Contoh: MessageDlg('Peringatan','Isikan banyak barang!',mtWarning,[mbOk],0) Maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini: Jenis-jenis Tipe Gambar: mtWarning : Tanda seru berwarna kuning. mtError : Tanda silang warna merah. mtInformation : Huruf i warna biru. mtConfirmation :  Tanda tanya warna biru. mtCustom : Tidak ada gambar. Jenis-jenis Tipe Tombol: mbYes : Tombol dengan tulisan 'Yes'. mbNo : Tombol dengan tulisan 'No'. mbOK : Tombol dengan tulisan 'OK'. mbCan...