Skip to main content

Struktur Project dan Unit Lazarus

Di dalam membuat proyek aplikasi Lazarus terdapat 2 pasang file utama penyusunnya, yaitu file lazarus project information (extension .lpi) dengan pasangannya lazarus project main source (extension .lpr) dan lazarus form (extension .lfm) dengan lazarus unit source (extension .pas). Jika mau membuka sebuah proyek aplikasi lazarus, maka yang harus dibuka adalah lazarus project information (extension .lpi). Setelah terbuka maka yang akan tampil adalah lazarus form ( .lfm ) dan lazarus unit source ( .pas ). Secara default lazarus project main source ( .lpr ) tidak ditampilkan karena memang pada kondisi umum file ini tidak kita edit melainkan akan dibuatkan secara otomatis oleh lazarus, kecuali kita ingin merubahnya secara khusus. Untuk membuka lazarus project main source ( .lpr ) caranya tekan tombok lazarus project main source ( .lpr ) Ctrl+F2 dan pilih yang berextensi .lpr, maka akan terbuka jendela source editor seperti gambar di bawah ini:

Struktur Project Lazarus

Seperti aku sebutkan di atas, bahwa file .lpr akan dibuatkan secara otomatis oleh Lazarus kecuali kalau kita ada keperluan khusus untuk merubahnya. Contohnya pada bagian:
Title / Judul: akan secara otomatis berubah mengikuti nama file waktu kita menyimpan,
Declaration / Deklarasi: jika menambah form baru misal namanya form2 dengan nama unitnya unit2, maka secara otomatis di bagian deklarasi uses akan menambahkan unit baru yaitu Unit2,
Statement / Pernyataan:  dan pada bagian pernyataan akan otomatis ditambah pernyataan Aplication.CreateForm(TForm2, Form2);


Sekarang mari kita lihat struktur dari unit Lazarus, tekan tombol Ctrl+F12 buka file dengan extension .pas maka akan terbuka tab source editor seperti gambar di bawah ini:

Struktur Unit Lazarus


Dari gambar di atas maka unit Lazarus terbagi atas 3 bagian utama, yaitu:
  1. Bagian Title / Judul Unit.
  2. Bagian Interface / Antarmuka.
  3. Bagian Implementation / Implementasi.
1. Title / Judul Unit
Pada bagian ini akan dibuatkan otomatis judulnya oleh lazarus seperti waktu kita menyimpan unit tersebut.

2. Interface / Antarmuka Unit
Pada bagian ini dituliskan deklarasi-deklarasi unit, label, konstanta (const), Type, Variabel (var), sub program (procedure / function), ada sebagian dari deklarasi yang dibuatkan secara otomatis oleh lazarus seperti waktu kita menambahkan komponen button ke form, maka otomatis lazarus akan menambahkan unit dari komponen button tersebut yaitu unit StdCtrls ke bagian uses dan type dari button. Dan jika kita membuat event handler OnClick pada Button maka secara otomatis Lazarus akan mendeklarasikan prosedur OnClick di bagian interface setelah type.


3. Implementation / Implementasi Unit
Implementation berisi statement / pernyataan dari potongan-potongan program (procedure atau function) yang telah dideklarasikan pada bagian interface. Disinilah nanti akan dituliskan secara otomatis pernyataan dari procedure OnClick.


Untuk lebih jelasnya silahkan lihat perbedaan antara gambar source editor unit1 pada gambar di atas dengan source editor unit 1 pada gambar di bawah ini:

Struktur Unit Lazarus Otomatis


Kalau anda sudah melihat perbedaannya, maka tahukan anda bahwa semua itu Lazarus yang menuliskannya untuk anda, jadi anda tidak perlu repot-repot membuatnya. Hanya pada bagian pernyataan di procedure / function sajalah pada umumnya kita baru menuliskan pernyataan-pernyataan secara manual. Sekian terima kasih telah ikut belajar bersama Struktur Project dan Unit Lazarus.

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Kelebihan dan Kekurangan SQLite

  Artikel ini akan membahas tentang, tipe data yang didukung SQLite,  kelebihan dari SQLite, kekurangan SQLite, kapan sebaiknya ketika menggunakan SQLite dan kapan sebaiknya kita tidak menggunakan SQLite. Merujuk dari id.wikipedia.org disebutkan bahwa SQLite merupakan sebuah sistem manajemen basisdata relasional yang bersifat ACID-compliant dan memiliki ukuran pustaka kode yang relatif kecil, ditulis dalam bahasa C. SQLite merupakan proyek yang bersifat public domain yang dikerjakan oleh D. Richard Hipp . SQLite adalah perpustakaan menakjubkan yang disematkan di dalam aplikasi yang menggunakan. Sebagai database mandiri, berbasis file, SQLite menawarkan serangkaian menakjubkan alat untuk menangani segala macam data dengan jauh lebih sedikit kendala dan kemudahan dibandingkan dengan host, proses berbasis (server) database relasional. Ketika sebuah aplikasi menggunakan SQLite, integrasi bekerja dengan panggilan fungsional dan langsung dibuat untuk file memegang data (yaitu ...

Aplikasi Demo Penggunaan Memo ComboBox ListBox dan CheckBox (Belajar Lazarus #14)

Mempelajari Listbox yang Owner-Draw Lazarus telah kita bahas pada artikel sebelumnya, sekarang mari kita buat Aplikasi Demo Penggunaan Memo ComboBox ListBox dan CheckBox . CheckBox memberi dua pilihan (bahkan tiga pilihan) kepada pemakai, properti yang berkaitan dengan pilihan pada CheckBox yaitu: Ubah property Checked menjadi True agar CheckBox dipilih secara default. Ubah AllowGrayed menjadi True agar CheckBox mempunyai 3 pilihan, yaitu checked , unchecked dan grayed . Property State menyatakan apakah CheckBox dalam keadaan checked ( cbChecked ), unchecked ( cbUnchecked ), atau grayed ( cbGrayed ). Memo dipakai untuk memasukkan data yang lebih dari satu barus. ListBox menampilkan daftar dan Anda dapat memilih item-itemnya: Property Items dibakai untuk mengisi pilihan-pilihan yang mungkin. ItemIndex menyatakan item yang dipilih.  MultiSelect menyatakan apakah dapat memilih lebih dari satu pilihan pada saat yang bersamaan. Sorted menyatakan apakah daftar terurut sec...

Penggunaan MessageDlg Lazarus Free Pascal

Mari belajar Penggunaan MessageDlg pada Lazarus Free Pascal . MessageDlg berfungsi menampilkan pesan di tengah layar, kelebihan funsi MessageDlg dibandingkan dengan ShowMessage yang telah kita pelajari sebelumnya adalah kita bisa menentukan sendiri Caption dari kotak pesan, menentukan tipe gambar dan tipe tombol yang digunakan. Syntax Penggunaan MessageDlg Lazarus Free Pascal: MessageDlg('Isi Caption','Isi Pesan',Tipe Gambar,Tipe Tombol,0) Contoh: MessageDlg('Peringatan','Isikan banyak barang!',mtWarning,[mbOk],0) Maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini: Jenis-jenis Tipe Gambar: mtWarning : Tanda seru berwarna kuning. mtError : Tanda silang warna merah. mtInformation : Huruf i warna biru. mtConfirmation :  Tanda tanya warna biru. mtCustom : Tidak ada gambar. Jenis-jenis Tipe Tombol: mbYes : Tombol dengan tulisan 'Yes'. mbNo : Tombol dengan tulisan 'No'. mbOK : Tombol dengan tulisan 'OK'. mbCan...