Di dalam membuat proyek aplikasi Lazarus terdapat 2 pasang file utama penyusunnya, yaitu file lazarus project information (extension .lpi) dengan pasangannya lazarus project main source (extension .lpr) dan lazarus form (extension .lfm) dengan lazarus unit source (extension .pas). Jika mau membuka sebuah proyek aplikasi lazarus, maka yang harus dibuka adalah lazarus project information (extension .lpi). Setelah terbuka maka yang akan tampil adalah lazarus form ( .lfm ) dan lazarus unit source ( .pas ). Secara default lazarus project main source ( .lpr ) tidak ditampilkan karena memang pada kondisi umum file ini tidak kita edit melainkan akan dibuatkan secara otomatis oleh lazarus, kecuali kita ingin merubahnya secara khusus. Untuk membuka lazarus project main source ( .lpr ) caranya tekan tombok lazarus project main source ( .lpr ) Ctrl+F2 dan pilih yang berextensi .lpr, maka akan terbuka jendela source editor seperti gambar di bawah ini:
Seperti aku sebutkan di atas, bahwa file .lpr akan dibuatkan secara otomatis oleh Lazarus kecuali kalau kita ada keperluan khusus untuk merubahnya. Contohnya pada bagian:
Title / Judul: akan secara otomatis berubah mengikuti nama file waktu kita menyimpan,
Declaration / Deklarasi: jika menambah form baru misal namanya form2 dengan nama unitnya unit2, maka secara otomatis di bagian deklarasi uses akan menambahkan unit baru yaitu Unit2,
Statement / Pernyataan: dan pada bagian pernyataan akan otomatis ditambah pernyataan Aplication.CreateForm(TForm2, Form2);
Sekarang mari kita lihat struktur dari unit Lazarus, tekan tombol Ctrl+F12 buka file dengan extension .pas maka akan terbuka tab source editor seperti gambar di bawah ini:
Dari gambar di atas maka unit Lazarus terbagi atas 3 bagian utama, yaitu:
Pada bagian ini akan dibuatkan otomatis judulnya oleh lazarus seperti waktu kita menyimpan unit tersebut.
2. Interface / Antarmuka Unit
Pada bagian ini dituliskan deklarasi-deklarasi unit, label, konstanta (const), Type, Variabel (var), sub program (procedure / function), ada sebagian dari deklarasi yang dibuatkan secara otomatis oleh lazarus seperti waktu kita menambahkan komponen button ke form, maka otomatis lazarus akan menambahkan unit dari komponen button tersebut yaitu unit StdCtrls ke bagian uses dan type dari button. Dan jika kita membuat event handler OnClick pada Button maka secara otomatis Lazarus akan mendeklarasikan prosedur OnClick di bagian interface setelah type.
3. Implementation / Implementasi Unit
Implementation berisi statement / pernyataan dari potongan-potongan program (procedure atau function) yang telah dideklarasikan pada bagian interface. Disinilah nanti akan dituliskan secara otomatis pernyataan dari procedure OnClick.
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat perbedaan antara gambar source editor unit1 pada gambar di atas dengan source editor unit 1 pada gambar di bawah ini:
Kalau anda sudah melihat perbedaannya, maka tahukan anda bahwa semua itu Lazarus yang menuliskannya untuk anda, jadi anda tidak perlu repot-repot membuatnya. Hanya pada bagian pernyataan di procedure / function sajalah pada umumnya kita baru menuliskan pernyataan-pernyataan secara manual. Sekian terima kasih telah ikut belajar bersama Struktur Project dan Unit Lazarus.
Seperti aku sebutkan di atas, bahwa file .lpr akan dibuatkan secara otomatis oleh Lazarus kecuali kalau kita ada keperluan khusus untuk merubahnya. Contohnya pada bagian:
Title / Judul: akan secara otomatis berubah mengikuti nama file waktu kita menyimpan,
Declaration / Deklarasi: jika menambah form baru misal namanya form2 dengan nama unitnya unit2, maka secara otomatis di bagian deklarasi uses akan menambahkan unit baru yaitu Unit2,
Statement / Pernyataan: dan pada bagian pernyataan akan otomatis ditambah pernyataan Aplication.CreateForm(TForm2, Form2);
Sekarang mari kita lihat struktur dari unit Lazarus, tekan tombol Ctrl+F12 buka file dengan extension .pas maka akan terbuka tab source editor seperti gambar di bawah ini:
Dari gambar di atas maka unit Lazarus terbagi atas 3 bagian utama, yaitu:
- Bagian Title / Judul Unit.
- Bagian Interface / Antarmuka.
- Bagian Implementation / Implementasi.
Pada bagian ini akan dibuatkan otomatis judulnya oleh lazarus seperti waktu kita menyimpan unit tersebut.
2. Interface / Antarmuka Unit
Pada bagian ini dituliskan deklarasi-deklarasi unit, label, konstanta (const), Type, Variabel (var), sub program (procedure / function), ada sebagian dari deklarasi yang dibuatkan secara otomatis oleh lazarus seperti waktu kita menambahkan komponen button ke form, maka otomatis lazarus akan menambahkan unit dari komponen button tersebut yaitu unit StdCtrls ke bagian uses dan type dari button. Dan jika kita membuat event handler OnClick pada Button maka secara otomatis Lazarus akan mendeklarasikan prosedur OnClick di bagian interface setelah type.
3. Implementation / Implementasi Unit
Implementation berisi statement / pernyataan dari potongan-potongan program (procedure atau function) yang telah dideklarasikan pada bagian interface. Disinilah nanti akan dituliskan secara otomatis pernyataan dari procedure OnClick.
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat perbedaan antara gambar source editor unit1 pada gambar di atas dengan source editor unit 1 pada gambar di bawah ini:
Kalau anda sudah melihat perbedaannya, maka tahukan anda bahwa semua itu Lazarus yang menuliskannya untuk anda, jadi anda tidak perlu repot-repot membuatnya. Hanya pada bagian pernyataan di procedure / function sajalah pada umumnya kita baru menuliskan pernyataan-pernyataan secara manual. Sekian terima kasih telah ikut belajar bersama Struktur Project dan Unit Lazarus.
Comments
Post a Comment