Skip to main content

Cara Penulisan Bahasa Pascal Yang Benar

Sebagai patokan kita dalam belajar menulis program dengan Bahasa Free Pascal perlu kita pelajari Cara Penulisan di Pascal yang benar agar program kita dapat berjalan dan tidak error. Kita ambil contoh program berikut ini yang telah kita bahas sebelumnya di http://belajarlazarus.blogspot.com/2014/11/struk-dasar-bahasa-pemrograman-pascal.html:

contoh-penulisan-pascal

Pada contoh di atas menggunakan aturan-aturan penulisan bahasa pascal sebagai berikut:
  • Kata-tercadang Free Pascal (*reserved word) tidak boleh digunakan untuk label, konstanta, tipe, variabel maupun prosedur atau fungsi. Contoh: Label merupakan kata-tercadang, jadi Label tidak dapat digunakan untuk keperluan lain, misalnya untuk variabel.
Var  Label : Char; {Penulisan yang salah karena menggunakan pengenal Label}

Var  Lbl : Char; {Penulisan yang benar karena Lbl bukan kata-tercadang)
  • Aturan penamaan pengenal (*identifier): karakter pertama harus berupa huruf, karakter berikutnya boleh huruf, angka, garis bawah ( _ ). Panjang pengenal maksimal 63 karakter serta huruf kapital atau tidak dianggap sama.
Contoh pengenal yang benar:
Program_1
H2
Turbo123

Contoh pengenal yang salah:
program 1   {salah karena menggunakan spasi}
2H          {salah karena diawali dengan angka}
turbo-123   {salah karena memakai tanda minus ( - )}

  • Dalam penulisan bilangan, tanda pecahan menggunakan tanda titik ( . ) bukan koma ( , ) dan tanda pemisah ribuan jutaan dst... tidak usah ditulis.
Contoh:
1000050.1   {benar}
1000050,1   {salah}
1,000,050.1 {salah}
1.000.050,1 {salah}
  • Penulisan konstanta karakter dan string diawali dan diakhiri tanda petik tunggal ( ' )
Contoh:
'Belajar Lotus 123'  {benar 123 disini sebagai string}
'1' {benar 1 disini sebagai karakter}
'A' {benar}

  • Komentar program, adalah baris program yang tidak diperhitungkan/dijalankan sebagai suatu perintah yang harus dijalankan. Jadi komentar program berfungsi sebagai pengingat atau petunjuk bagi programmer untuk memahami tulisan programnya. Komentar bisa ditulis dengan cara:
Diawali tanda { dan diakhiri tanda }
Contoh
{ Ini komentar dengan kurung kurawal }

Diawali tanda (* dan diakhiri tanda *)
(* Ini komentar dengan tanda kurung bintang *)

Diawali tanda // maka 1 barus pernyataan yang ada tanda ini akan dianggap komentar.
// Ini komentar dengan tanda doble slash
  • Setiap program harus diawali kata-tercadang Begin dan diakhiri End. {End dan titik}
  • Setiap akhir dari pernyataan diakhiri tanda ; {titik koma}
Kalau ada cara penulisan Bahasa Pascal yang benar belum ada disini tolong disharing disini, mari kita belajar bersama Lazarus terima kasih semoga bermanfaat.

Comments

  1. ijin Belajar pak .... saya bisa mengenal lazarus sedikit demi sedikit

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Inilah Kelebihan dan Kekurangan SQLite

  Artikel ini akan membahas tentang, tipe data yang didukung SQLite,  kelebihan dari SQLite, kekurangan SQLite, kapan sebaiknya ketika menggunakan SQLite dan kapan sebaiknya kita tidak menggunakan SQLite. Merujuk dari id.wikipedia.org disebutkan bahwa SQLite merupakan sebuah sistem manajemen basisdata relasional yang bersifat ACID-compliant dan memiliki ukuran pustaka kode yang relatif kecil, ditulis dalam bahasa C. SQLite merupakan proyek yang bersifat public domain yang dikerjakan oleh D. Richard Hipp . SQLite adalah perpustakaan menakjubkan yang disematkan di dalam aplikasi yang menggunakan. Sebagai database mandiri, berbasis file, SQLite menawarkan serangkaian menakjubkan alat untuk menangani segala macam data dengan jauh lebih sedikit kendala dan kemudahan dibandingkan dengan host, proses berbasis (server) database relasional. Ketika sebuah aplikasi menggunakan SQLite, integrasi bekerja dengan panggilan fungsional dan langsung dibuat untuk file memegang data (yaitu ...

Mengenal Pemrograman Visual Lazarus Free Pascal (Belajar Lazarus #1)

Untuk mempelajari Pemrograman Visual Lazarus Free Pascal , kita perlu mengenal lingkungan pemrograman ( Integrated Development Environtmen/IDE) dari Lazarus. Setelah anda sukses menginstalnya silahkan jalankan program Lazarus, maka akan tampil IDE dari Lazarus seperti di bawah ini. Mulai saat ini dan seterusnya, pembelajaran Lazarus yang berurutan akan aku beri tambahan judul (Belajar Lazarus #nomor), kalau tidak ada berarti itu tutorial lepas bukan berseri. IDE adalah sebuah lingkungan yang berisi tool-tool yang diperlukan untuk desain, menjalankan dan mengetes sebuah aplikasi, yang disajikan dengan baik untuk mempermudah pengembangan aplikasi/program. Seperti gambar di atas IDE Lazarus terdiri atas Menubar, Toolbar, Component Palette, Object Inspector, Source Editor, Form Designer dan Compiler Messages. MENUBAR Menubar berisi perintah-perintah yang digunakan untuk membuka, menyimpan, mengubah option, dan lain-lain. Sebagian dari fungsi menubar juga dapat dipanggil dengan...

Aplikasi Demo Penggunaan Memo ComboBox ListBox dan CheckBox (Belajar Lazarus #14)

Mempelajari Listbox yang Owner-Draw Lazarus telah kita bahas pada artikel sebelumnya, sekarang mari kita buat Aplikasi Demo Penggunaan Memo ComboBox ListBox dan CheckBox . CheckBox memberi dua pilihan (bahkan tiga pilihan) kepada pemakai, properti yang berkaitan dengan pilihan pada CheckBox yaitu: Ubah property Checked menjadi True agar CheckBox dipilih secara default. Ubah AllowGrayed menjadi True agar CheckBox mempunyai 3 pilihan, yaitu checked , unchecked dan grayed . Property State menyatakan apakah CheckBox dalam keadaan checked ( cbChecked ), unchecked ( cbUnchecked ), atau grayed ( cbGrayed ). Memo dipakai untuk memasukkan data yang lebih dari satu barus. ListBox menampilkan daftar dan Anda dapat memilih item-itemnya: Property Items dibakai untuk mengisi pilihan-pilihan yang mungkin. ItemIndex menyatakan item yang dipilih.  MultiSelect menyatakan apakah dapat memilih lebih dari satu pilihan pada saat yang bersamaan. Sorted menyatakan apakah daftar terurut sec...