Skip to main content

Memahami Karakter EditMask pada Komponen MaskEdit (Belajar Lazarus #5)

Kali ini aku akan membahas tentang Karakter EditMask pada Komponen MaskEdit. Karakter-karakter yang dapat dipakai pada field mask dapat anda baca pada tabel berikut ini, karakter-karakter lain (tidak ada pada tabel di bawah) dianggap sebagai karakter literal. Karakter literal ditambahkan secara secara otomatis dan kursor akan melewatinya pada saat pengisian data. Untuk lebih jelas penggunaannya bisa anda baca di artikel Penggunaan EditMask karakter angka dan literal (Belajar Lazarus #4). Literal khusus juga akan muncul jika didahului dengan karakter backslash (\).
Karakter Artinya
! Jika karakter ! ada pada mask, karakter-karakter optional pada kotak edit dinyatakan sebagai leading blank. Jika tidak ada !, dinyatakan sebagai trailing blank.
> Karakter > menyatakan semua karakter yang mengikutinya adalah huruf besar sampai akhir mask atau sampai ditemukan karakter <
< Karakter < menyatakan semua karakter yang mengikutinya adalah huruf kecil sampai akhir mask atau sampai ditemukan karakter >
<> Jika kedua karakter ini ditemukan bersama-sama pada sebuah mask, tidak ada pengecekan huruf besar dan huruf kecil dan dada diformat seperti pada saat diketikkan.
\ Karakter-karakter sesudah \ adalah karakter literal. Karakter ini dipakai untuk karakter-karakter yang berlaku sebagai literal pada data.
L Pada posisi tersebut, hanya menerima data karakter (A-Z, a-z) dan wajib ada.
l Pada posisi tersebut, hanya menerima data karakter (A-Z, a-z) tetapi tidak harus ada (boleh kosong).
A Menerima karakter alphanumerik (A-Z, a-z, 0-9) dan wajib ada.
a Menerima karakter alphanumerik (A-Z, a-z, 0-9) tetapi tidak harus ada.
C The C character requires an arbitrary character in this position.
c The c character permits an arbitrary character in this position, but doesn't require it.
0 Hanya menerima karakter numerik (0-9) dan wajib diisi.
9 Hanya menerima karakter numerik (0-9) tetapi tidak harus ada.
# Hanya menerima karakter numerik (0-9) atau tanda plus (+) atau minus (-) tetapi tidak harus ada.
: Karakter untuk memisahkan jam, menit, detik pada data waktu.
/ Karakter untuk memisahkan bulan, tanggal dan tahun pada data tanggal.
; Untuk memisahkan ketiga field pada mask.
_ Karakter _ secara otomatis menyisipkan spasi ke dalam teks. Jika user memasukkan karakter ke dalam field, kursor akan melewati karakter _.

Jika EditMask diisi dengan string kosong, artinya membuang mask. Berikut contoh-contoh Mask:

contoh editmask
  •  Untuk menerima data nama yang hanya terdiri atas karakter huruf (tidak ada angka) dan panjangnya bervariasi (perkiraan maksimum 25 karakter), maka mask yang sesuai adalah:
lllllllllllllllllllllllll,1;_
  • Data alamat berisi karakter huruf dan angka serta diawali dengan 'Jl.' dan panjangnya maksimal 25 karakter. Akan tetapi literal ini tidak termasuk ke dalam data (hanya ditampilkan saja). Mask yang sesuai adalah:
\J\l\.aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa;0;_
  • Kode Pos berisi 5 angka yang harus ada dan mask yang sesuai adalah:
00000;1;_
  • Telepon didahului kode area, kode area bisa berupa 3 angka atau 4 angka. Panjang maksimum nomor telepon adalah 7 angka, oleh sebab itu memakai angka 9 pada mask (bukan 0). Maka mask yang cocok adalah:
!\(9999\)9999999;1;_
  • Tanggal lahir berupa data tanggal, angka bulan dan tanggal bisa berupa 1 digit atau 2 digit, tetapi tahun harus lengkap 4 digit. Maka mask yang sesuai adalah:
!99/99/0000;1;_
Demikian belalajar bersama tentang Memahami Karakter EditMask pada Komponen MaskEdit (Belajar Lazarus #5), semoga bisa kita mengerti. Amin. Sampai jumpa di kesempatan belajar lazarus berikutnya.

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Kelebihan dan Kekurangan SQLite

  Artikel ini akan membahas tentang, tipe data yang didukung SQLite,  kelebihan dari SQLite, kekurangan SQLite, kapan sebaiknya ketika menggunakan SQLite dan kapan sebaiknya kita tidak menggunakan SQLite. Merujuk dari id.wikipedia.org disebutkan bahwa SQLite merupakan sebuah sistem manajemen basisdata relasional yang bersifat ACID-compliant dan memiliki ukuran pustaka kode yang relatif kecil, ditulis dalam bahasa C. SQLite merupakan proyek yang bersifat public domain yang dikerjakan oleh D. Richard Hipp . SQLite adalah perpustakaan menakjubkan yang disematkan di dalam aplikasi yang menggunakan. Sebagai database mandiri, berbasis file, SQLite menawarkan serangkaian menakjubkan alat untuk menangani segala macam data dengan jauh lebih sedikit kendala dan kemudahan dibandingkan dengan host, proses berbasis (server) database relasional. Ketika sebuah aplikasi menggunakan SQLite, integrasi bekerja dengan panggilan fungsional dan langsung dibuat untuk file memegang data (yaitu ...

Aplikasi Demo Penggunaan Memo ComboBox ListBox dan CheckBox (Belajar Lazarus #14)

Mempelajari Listbox yang Owner-Draw Lazarus telah kita bahas pada artikel sebelumnya, sekarang mari kita buat Aplikasi Demo Penggunaan Memo ComboBox ListBox dan CheckBox . CheckBox memberi dua pilihan (bahkan tiga pilihan) kepada pemakai, properti yang berkaitan dengan pilihan pada CheckBox yaitu: Ubah property Checked menjadi True agar CheckBox dipilih secara default. Ubah AllowGrayed menjadi True agar CheckBox mempunyai 3 pilihan, yaitu checked , unchecked dan grayed . Property State menyatakan apakah CheckBox dalam keadaan checked ( cbChecked ), unchecked ( cbUnchecked ), atau grayed ( cbGrayed ). Memo dipakai untuk memasukkan data yang lebih dari satu barus. ListBox menampilkan daftar dan Anda dapat memilih item-itemnya: Property Items dibakai untuk mengisi pilihan-pilihan yang mungkin. ItemIndex menyatakan item yang dipilih.  MultiSelect menyatakan apakah dapat memilih lebih dari satu pilihan pada saat yang bersamaan. Sorted menyatakan apakah daftar terurut sec...

Penggunaan MessageDlg Lazarus Free Pascal

Mari belajar Penggunaan MessageDlg pada Lazarus Free Pascal . MessageDlg berfungsi menampilkan pesan di tengah layar, kelebihan funsi MessageDlg dibandingkan dengan ShowMessage yang telah kita pelajari sebelumnya adalah kita bisa menentukan sendiri Caption dari kotak pesan, menentukan tipe gambar dan tipe tombol yang digunakan. Syntax Penggunaan MessageDlg Lazarus Free Pascal: MessageDlg('Isi Caption','Isi Pesan',Tipe Gambar,Tipe Tombol,0) Contoh: MessageDlg('Peringatan','Isikan banyak barang!',mtWarning,[mbOk],0) Maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini: Jenis-jenis Tipe Gambar: mtWarning : Tanda seru berwarna kuning. mtError : Tanda silang warna merah. mtInformation : Huruf i warna biru. mtConfirmation :  Tanda tanya warna biru. mtCustom : Tidak ada gambar. Jenis-jenis Tipe Tombol: mbYes : Tombol dengan tulisan 'Yes'. mbNo : Tombol dengan tulisan 'No'. mbOK : Tombol dengan tulisan 'OK'. mbCan...