Skip to main content

Tips Penamaan dan Penulisan Kode Program Lazarus Free Pascal (Belajar Lazarus #6)

Tips penamaan dan penulisan lazarus
Beberapa tips dalam hal penamaan file dan komponen serta tata cara penulisan kode program pada Lazarus Free Pascal yang bisa membantu anda dalam mengingat kembali maksud kode-kode program yang telah anda tulis serta dapat menghindari terjadinya masalah pada waktu kompilasi.

Tata Cara Penamaan
Gunakan 1 atau beberapa karakter awal dari tipe file atau komponen lalu diikuti fungsi dari file / komponen tersebut secara singkat tapi jelas.
Contoh:
  • Untuk menyimpan unit program kalkulator  maka nama filenya simpan dengan ukalkulator.pas
  • Untuk Form program kalkulator berikan nama FKalkulator.
  • Misal dalam form FKalkulator itu ada komponen Button yang berfungsi untuk menjumlah, maka berikan nama BJumlah.
  • Misalkan juga ada komponen LabeledEdit yang berfungsi menampilkan hasilnya, maka berikan nama LEHasil.

Hal-Hal Yang Harus Dihindari Waktu Penulisan Kode
  • Hindari mengubah baris antara deklarasi kelas form (TForm1 = class(TForm)) sampai dengan klausa private, karena seperti yang aku sebutkan sebelumnya pada Struktur Project dan Unit Lazarus pada bagian tersebut akan secara otomatis diubah oleh Lazarus.
  • Jangan menambahkan deklarasi anda sendiri diluar bagian private atau public.
  • Jangan mengubah deklarasi global form anda (var Form1: TForm1;)
  • Jangan pernah menggunakan reserved word (reserved word adalah kata tercadang yang sudah didefinisikan oleh Lazarus Free Pascal contohnya uses, var, type, begin, end, if, then, string, dan lain-lain. Kalau dalam DOS atau command prompt windows bisa dianalogikan sebagai internal command) untuk segala macam bentuk deklarasi buatan sendiri.
Sedangkan Tata Cara Penulisan pada Lazarus identik dengan tata cara penulisan pada Free Pascal, silahkan baca pada artikel sebelumnya di Cara Penulisan Bahasa Pascal. Cukup sekian, Tq.

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Kelebihan dan Kekurangan SQLite

  Artikel ini akan membahas tentang, tipe data yang didukung SQLite,  kelebihan dari SQLite, kekurangan SQLite, kapan sebaiknya ketika menggunakan SQLite dan kapan sebaiknya kita tidak menggunakan SQLite. Merujuk dari id.wikipedia.org disebutkan bahwa SQLite merupakan sebuah sistem manajemen basisdata relasional yang bersifat ACID-compliant dan memiliki ukuran pustaka kode yang relatif kecil, ditulis dalam bahasa C. SQLite merupakan proyek yang bersifat public domain yang dikerjakan oleh D. Richard Hipp . SQLite adalah perpustakaan menakjubkan yang disematkan di dalam aplikasi yang menggunakan. Sebagai database mandiri, berbasis file, SQLite menawarkan serangkaian menakjubkan alat untuk menangani segala macam data dengan jauh lebih sedikit kendala dan kemudahan dibandingkan dengan host, proses berbasis (server) database relasional. Ketika sebuah aplikasi menggunakan SQLite, integrasi bekerja dengan panggilan fungsional dan langsung dibuat untuk file memegang data (yaitu ...

Aplikasi Demo Penggunaan Memo ComboBox ListBox dan CheckBox (Belajar Lazarus #14)

Mempelajari Listbox yang Owner-Draw Lazarus telah kita bahas pada artikel sebelumnya, sekarang mari kita buat Aplikasi Demo Penggunaan Memo ComboBox ListBox dan CheckBox . CheckBox memberi dua pilihan (bahkan tiga pilihan) kepada pemakai, properti yang berkaitan dengan pilihan pada CheckBox yaitu: Ubah property Checked menjadi True agar CheckBox dipilih secara default. Ubah AllowGrayed menjadi True agar CheckBox mempunyai 3 pilihan, yaitu checked , unchecked dan grayed . Property State menyatakan apakah CheckBox dalam keadaan checked ( cbChecked ), unchecked ( cbUnchecked ), atau grayed ( cbGrayed ). Memo dipakai untuk memasukkan data yang lebih dari satu barus. ListBox menampilkan daftar dan Anda dapat memilih item-itemnya: Property Items dibakai untuk mengisi pilihan-pilihan yang mungkin. ItemIndex menyatakan item yang dipilih.  MultiSelect menyatakan apakah dapat memilih lebih dari satu pilihan pada saat yang bersamaan. Sorted menyatakan apakah daftar terurut sec...

Penggunaan MessageDlg Lazarus Free Pascal

Mari belajar Penggunaan MessageDlg pada Lazarus Free Pascal . MessageDlg berfungsi menampilkan pesan di tengah layar, kelebihan funsi MessageDlg dibandingkan dengan ShowMessage yang telah kita pelajari sebelumnya adalah kita bisa menentukan sendiri Caption dari kotak pesan, menentukan tipe gambar dan tipe tombol yang digunakan. Syntax Penggunaan MessageDlg Lazarus Free Pascal: MessageDlg('Isi Caption','Isi Pesan',Tipe Gambar,Tipe Tombol,0) Contoh: MessageDlg('Peringatan','Isikan banyak barang!',mtWarning,[mbOk],0) Maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini: Jenis-jenis Tipe Gambar: mtWarning : Tanda seru berwarna kuning. mtError : Tanda silang warna merah. mtInformation : Huruf i warna biru. mtConfirmation :  Tanda tanya warna biru. mtCustom : Tidak ada gambar. Jenis-jenis Tipe Tombol: mbYes : Tombol dengan tulisan 'Yes'. mbNo : Tombol dengan tulisan 'No'. mbOK : Tombol dengan tulisan 'OK'. mbCan...