Skip to main content

Panduan Penggunaan ShowMessage Lazarus Free Pascal (Belajar Lazarus #8)

ShowMessage merupakan procedure yang telah didefinisikan oleh lazarus untuk menampilkan pesan. Ciri-cirinya dia akan menggunakan nama aplikasi sebagai Captionnya kotak pesannya dengan tombol OK. Silahkan ikuti Panduan Penggunaan ShowMessage pada Lazarus Free Pascal ini dengan cermat!

Syntax:
ShowMessage('Isi Pesan');

Contoh:
ShowMessage('Isikan Banyak Barang');


Untuk prakteknya silahkan buka kembali program KasirATK pada panduan sebelumnya di http://belajarlazarus.blogspot.com/2014/11/memilih-data-dengan-radiobutton-lazarus.html

Kemudian edit source editor ukasiratk pada bagian procedure TFKasirATK.BHitungClick sehingga menjadi seperti di bawah ini:

procedure TFKasirATK.BHitungClick(Sender: TObject);
var
  harga, banyak, bayar: integer;
begin
  if (EBanyak.Text='') or (EBanyak.Text='0') then
    ShowMessage('Isikan banyak barang!')
  else
  begin
    banyak:= strtoint(EBanyak.Text);
    if RBSpidol.Checked then harga:= 5000;
    if RBPulpen.Checked then harga:= 3000;
    if RBPensil.Checked then harga:= 1000;
    bayar:= banyak*harga;
    EJumlah.Text:= inttostr(bayar);
  end;
end;


Fungsi dari pernyataan
 if (EBanyak.Text='') or (EBanyak.Text='0') then
    ShowMessage('Isikan banyak barang!')

adalah untuk memvalidasi input dapat pada komponen EBanyak jika masih kosong atau berisi 0 maka muncul peringatan 'Isikan banyak barang!').

Penggunaan ShowMessage Lazarus



Jangan lupa jika telah selesai mengedit di SaveAll, trus coba compile program dengan F9. Cukup sekian Panduan Penggunaan ShowMessage pada Lazarus Free Pascal. Selanjutnya nanti akan dibahas tentang panduan penggunaan Fungsi MessageDlg. Terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Kelebihan dan Kekurangan SQLite

  Artikel ini akan membahas tentang, tipe data yang didukung SQLite,  kelebihan dari SQLite, kekurangan SQLite, kapan sebaiknya ketika menggunakan SQLite dan kapan sebaiknya kita tidak menggunakan SQLite. Merujuk dari id.wikipedia.org disebutkan bahwa SQLite merupakan sebuah sistem manajemen basisdata relasional yang bersifat ACID-compliant dan memiliki ukuran pustaka kode yang relatif kecil, ditulis dalam bahasa C. SQLite merupakan proyek yang bersifat public domain yang dikerjakan oleh D. Richard Hipp . SQLite adalah perpustakaan menakjubkan yang disematkan di dalam aplikasi yang menggunakan. Sebagai database mandiri, berbasis file, SQLite menawarkan serangkaian menakjubkan alat untuk menangani segala macam data dengan jauh lebih sedikit kendala dan kemudahan dibandingkan dengan host, proses berbasis (server) database relasional. Ketika sebuah aplikasi menggunakan SQLite, integrasi bekerja dengan panggilan fungsional dan langsung dibuat untuk file memegang data (yaitu ...

Aplikasi Demo Penggunaan Memo ComboBox ListBox dan CheckBox (Belajar Lazarus #14)

Mempelajari Listbox yang Owner-Draw Lazarus telah kita bahas pada artikel sebelumnya, sekarang mari kita buat Aplikasi Demo Penggunaan Memo ComboBox ListBox dan CheckBox . CheckBox memberi dua pilihan (bahkan tiga pilihan) kepada pemakai, properti yang berkaitan dengan pilihan pada CheckBox yaitu: Ubah property Checked menjadi True agar CheckBox dipilih secara default. Ubah AllowGrayed menjadi True agar CheckBox mempunyai 3 pilihan, yaitu checked , unchecked dan grayed . Property State menyatakan apakah CheckBox dalam keadaan checked ( cbChecked ), unchecked ( cbUnchecked ), atau grayed ( cbGrayed ). Memo dipakai untuk memasukkan data yang lebih dari satu barus. ListBox menampilkan daftar dan Anda dapat memilih item-itemnya: Property Items dibakai untuk mengisi pilihan-pilihan yang mungkin. ItemIndex menyatakan item yang dipilih.  MultiSelect menyatakan apakah dapat memilih lebih dari satu pilihan pada saat yang bersamaan. Sorted menyatakan apakah daftar terurut sec...

Penggunaan MessageDlg Lazarus Free Pascal

Mari belajar Penggunaan MessageDlg pada Lazarus Free Pascal . MessageDlg berfungsi menampilkan pesan di tengah layar, kelebihan funsi MessageDlg dibandingkan dengan ShowMessage yang telah kita pelajari sebelumnya adalah kita bisa menentukan sendiri Caption dari kotak pesan, menentukan tipe gambar dan tipe tombol yang digunakan. Syntax Penggunaan MessageDlg Lazarus Free Pascal: MessageDlg('Isi Caption','Isi Pesan',Tipe Gambar,Tipe Tombol,0) Contoh: MessageDlg('Peringatan','Isikan banyak barang!',mtWarning,[mbOk],0) Maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini: Jenis-jenis Tipe Gambar: mtWarning : Tanda seru berwarna kuning. mtError : Tanda silang warna merah. mtInformation : Huruf i warna biru. mtConfirmation :  Tanda tanya warna biru. mtCustom : Tidak ada gambar. Jenis-jenis Tipe Tombol: mbYes : Tombol dengan tulisan 'Yes'. mbNo : Tombol dengan tulisan 'No'. mbOK : Tombol dengan tulisan 'OK'. mbCan...