Skip to main content

Program Kode Ascii Keyboard Lazarus Free Pascal

Untuk membuat program kode ascii dari tombol keyboard yang kita tekan, kita perlu memahami even OnKeyDown dan OnKeyPress. Kedua event ini memang sama-sama dikirim saat tombol keyboard ditekan. Yang membedakan keduanya adalah jenis tombol yang ditekan.

Event OnKeyDown dikirim saat sembarang tombol keyboard ditekan. Event OnKeyPress dikirim saat tombol keyboard yang mempunyai tampilan di layar (karakter ASCII) dikirim. Sebagai contoh, bila anda menekan tombol ( F1 ), Sistem operasi (Windows, Linux, dsb) hanya akan mengirim event OnKeyDown. Namun bila anda menekan tombol ( A ), Sistem operasi  akan mengirim evemt OnKeyDown dan juga OnKeyPress.

Untuk lebih jelasnya mari kita buat program Kode Ascii Keyboard Lazarus Free Pascal. Dengan program ini anda bisa mencoba-coba tombol mana yang akan menghasilkan event OnKeyPress dan tombol mana yang menghasilkan kedua event tersebut.

Langkah-langkah komponen:
Buat 7 buah label pada form.

Langkah-langkah properties:
Label1:
Caption: Hasil OnKeyDown:

Label2:
Caption: Hasil OnKeyPress:

Label3:
Caption: Hasil Gabungan

Label4:
Caption: Hasil Gabungan Adalah Yang Benar!
Font colour: clRed
Font size: 11
Font style fsBold: True

Label5:
Caption: LKeydown
Name: LKeydown

Label6:
Caption: LKeypress
Name: LKeypress

Label7:
Caption: LGabungan
Name: LGabungan

Form1:
Name: FKodeAscii
Caption: Program Kode Ascii

Langkah-langkah events:
FKodeAscii:
Event OnKeyDown:
  LGabungan.Caption:=inttostr(key);
  LKeydown.Caption:=inttostr(key);


Event OnKeyPress:
  LGabungan.Caption:=inttostr(ord(key));
  LKeypress.Caption:=inttostr(ord(key));


Kalau sudah selesai semua maka tampilan visualnya kurang lebih seperti gambar di bawah ini:

Program Kode Ascii Keyboard Lazarus Free Pascal

Simpan pada folder kodeascii dan beri nama kodeascii.lpi dan ukodeascii.pas

Sedangkan source code lengkap ukodeascii.pas seperti di bawah ini:

unit ukodeascii;

{$mode objfpc}{$H+}

interface

uses
Classes, SysUtils, FileUtil, Forms, Controls, Graphics, Dialogs, StdCtrls;

type

{ TFKodeAscii }

TFKodeAscii = class(TForm)
Label1: TLabel;
Label2: TLabel;
Label3: TLabel;
Label4: TLabel;
LKeyPress: TLabel;
LKeyDown: TLabel;
LGabungan: TLabel;
procedure FormKeyDown(Sender: TObject; var Key: Word; Shift: TShiftState);
procedure FormKeyPress(Sender: TObject; var Key: char);
private
{ private declarations }
public
{ public declarations }
end;

var
FKodeAscii: TFKodeAscii;

implementation

{$R *.lfm}

{ TFKodeAscii }


procedure TFKodeAscii.FormKeyDown(Sender: TObject; var Key: Word;
Shift: TShiftState);
begin
LGabungan.Caption:=inttostr(key);
LKeydown.Caption:=inttostr(key)
end;

procedure TFKodeAscii.FormKeyPress(Sender: TObject; var Key: char);
begin
LGabungan.Caption:=inttostr(ord(key));
LKeypress.Caption:=inttostr(ord(key));
end;

end.


Pada program di atas ada fungsi baru yang belum pernah kita pelajari yaitu fungsi ORD.
Fungsi Ord mengembalikan nilai ASCII dari sebuah karakter.

Syntax:
ord(karakter);

Contoh:
ord('A'); //maka hasilnya adalah adalah 64

Cukup sekian panduan pembuatan Program Kode Ascii Keyboard Lazarus Free Pascal. Semoga dapat dipahami tentang kode-kode ascii dari tombol keyboard ini. Lalu apa fungsinya kita mempelajari ini, diantaranya berfungsi untuk memvalidasi data yang masuk pada sebuah komponen, dan diantara karakter yang paling terkenal adalah kode ascii dari tombol ENTER yaitu 13, nanti anda akan sering menggunakannya. See u...

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Kelebihan dan Kekurangan SQLite

  Artikel ini akan membahas tentang, tipe data yang didukung SQLite,  kelebihan dari SQLite, kekurangan SQLite, kapan sebaiknya ketika menggunakan SQLite dan kapan sebaiknya kita tidak menggunakan SQLite. Merujuk dari id.wikipedia.org disebutkan bahwa SQLite merupakan sebuah sistem manajemen basisdata relasional yang bersifat ACID-compliant dan memiliki ukuran pustaka kode yang relatif kecil, ditulis dalam bahasa C. SQLite merupakan proyek yang bersifat public domain yang dikerjakan oleh D. Richard Hipp . SQLite adalah perpustakaan menakjubkan yang disematkan di dalam aplikasi yang menggunakan. Sebagai database mandiri, berbasis file, SQLite menawarkan serangkaian menakjubkan alat untuk menangani segala macam data dengan jauh lebih sedikit kendala dan kemudahan dibandingkan dengan host, proses berbasis (server) database relasional. Ketika sebuah aplikasi menggunakan SQLite, integrasi bekerja dengan panggilan fungsional dan langsung dibuat untuk file memegang data (yaitu ...

Aplikasi Demo Penggunaan Memo ComboBox ListBox dan CheckBox (Belajar Lazarus #14)

Mempelajari Listbox yang Owner-Draw Lazarus telah kita bahas pada artikel sebelumnya, sekarang mari kita buat Aplikasi Demo Penggunaan Memo ComboBox ListBox dan CheckBox . CheckBox memberi dua pilihan (bahkan tiga pilihan) kepada pemakai, properti yang berkaitan dengan pilihan pada CheckBox yaitu: Ubah property Checked menjadi True agar CheckBox dipilih secara default. Ubah AllowGrayed menjadi True agar CheckBox mempunyai 3 pilihan, yaitu checked , unchecked dan grayed . Property State menyatakan apakah CheckBox dalam keadaan checked ( cbChecked ), unchecked ( cbUnchecked ), atau grayed ( cbGrayed ). Memo dipakai untuk memasukkan data yang lebih dari satu barus. ListBox menampilkan daftar dan Anda dapat memilih item-itemnya: Property Items dibakai untuk mengisi pilihan-pilihan yang mungkin. ItemIndex menyatakan item yang dipilih.  MultiSelect menyatakan apakah dapat memilih lebih dari satu pilihan pada saat yang bersamaan. Sorted menyatakan apakah daftar terurut sec...

Penggunaan MessageDlg Lazarus Free Pascal

Mari belajar Penggunaan MessageDlg pada Lazarus Free Pascal . MessageDlg berfungsi menampilkan pesan di tengah layar, kelebihan funsi MessageDlg dibandingkan dengan ShowMessage yang telah kita pelajari sebelumnya adalah kita bisa menentukan sendiri Caption dari kotak pesan, menentukan tipe gambar dan tipe tombol yang digunakan. Syntax Penggunaan MessageDlg Lazarus Free Pascal: MessageDlg('Isi Caption','Isi Pesan',Tipe Gambar,Tipe Tombol,0) Contoh: MessageDlg('Peringatan','Isikan banyak barang!',mtWarning,[mbOk],0) Maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini: Jenis-jenis Tipe Gambar: mtWarning : Tanda seru berwarna kuning. mtError : Tanda silang warna merah. mtInformation : Huruf i warna biru. mtConfirmation :  Tanda tanya warna biru. mtCustom : Tidak ada gambar. Jenis-jenis Tipe Tombol: mbYes : Tombol dengan tulisan 'Yes'. mbNo : Tombol dengan tulisan 'No'. mbOK : Tombol dengan tulisan 'OK'. mbCan...