Skip to main content

Perulangan Repeat-Until While-Do Lazarus Free Pascal

Perulangan Repeat ... Until dan While ... Do pada Lazarus Free Pascal mempunyai fungsi yang sama dengan perulangan For yaitu mengulang perintah yang diberikan dengan syarat tertentu. Perbedaan yang utama Perulangan Repeat-Until While-Do dengan perulangan For adalah tidak ada penambahan / pengurangan nilai secara otomatis seperti pada perulangan For, untuk itu perlu menggunakan prosedur INC dan DEC:

Prosedur INC
Prosedur INC berfungsi untuk menambah nilai variabel

Syntax:
INC(variabel) //menambah nilai kelipatan 1.
atau
INC(variabel,kelipatan_n) //menambah nilai kelipatan n

Contoh:
inc(i); //akan menambah nilai variabel i dengan kelipatan 1
inc(i,4); //akan menambah nilai variabel i dengan kelipatan 4


Prosedur DEC
Prosedur DEC berfungsi untuk mengurangi nilai variabel

Syntax:
DEC(variabel) //mengurangi nilai kelipatan 1
atau
DEC(variabel,kelipatan_n) //mengurangi nilai kelipatan n

Contoh:
dec(i); //akan mengurangi nilai variabel i dengan kelipatan 1
dec(i,5); //akan mengurangi nilai variabel i dengan kelipatan 5


1. Perulangan REPEAT ... UNTIL
Perulangan Repeat ... Until adalah perulangan yang akan berhenti ketika kondisi / syarat terpenuhi.

Syntax:
<code>REPEAT
  ...(isi_perulangan);
UNTIL (syarat);</code>

2. Perulangan WHILE ... DO
Perulangan While ... Do adalah perulangan yang akan terus dikerjakan selama kondisi / syarat masih terpenuhi.

Syntax:
<code>WHILE (syarat) DO
Begin
  ...(isi_perulangan);
End;</code>

Untuk contoh silahkan baca lagi tutorial sebelumnya di Penggunaan Perulangan For Lazarus Free Pascal.

1. Contoh REPEAT ... UNTIL
<code>procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var
  i: integer;
begin
  i:=1;  //variabel i harus diberi nilai awal agar tidak berisi nilai acak.
  repeat
    edit1.SelText := inttostr(i);
    inc(i);
  until i>5;
end;</code>

2. Contoh WHILE ... DO
<code>procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var
  i: integer;
begin
  i:=1;  //variabel i harus diberi nilai awal agar tidak berisi nilai acak.
  while i < 6 do
    begin edit1.SelText := inttostr(i);
    inc(i);
  end;
end; </code>

Kedua contoh diatas hasilnya akan sama dengan perulangan FOR ... TO ... DO seperti pada contoh sebelumnya disini. Hasilnya akan seperti gambar di bawah ini:

contoh perulangan while

3. Contoh REPEAT ... UNTIL
<code>procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var
  i: integer;
begin
  i:=5;  //variabel i harus diberi nilai awal agar tidak berisi nilai acak.
  repeat
    edit1.SelText := inttostr(i);
    dec(i);
  until i<1;
end; </code>

4. Contoh WHILE ... DO
<code>procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var
  i: integer;
begin
  i:= 5; //variabel i harus diberi nilai awal agar tidak berisi nilai acak.
  while i > 0 do
  begin
    edit1.SelText := inttostr(i);
    dec(i);
  end;
end;</code>


Contoh 3 dan contoh 4 hasilnya akan sama dengan perulangan FOR ... DOWNTO ... DO seperti pada contoh sebelumnya disini. Hasilnya akan seperti gambar di bawah ini:

contoh perulangan repeat

Demikian tutorial Perulangan Repeat-Until While-Do Lazarus Free Pascal untuk mengetahui perbedaan lebih jelas tentang perulangan silahkan baca disini. Terima kasih.

Comments

  1. permisi saya mau tanya, kalok mau menkoneksikan lazarus dengan arduino uno menggunakan sboserial di lazarus . itu gimana ya gan ? trus koding apa saja yang perlu di tambahkan ?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Inilah Kelebihan dan Kekurangan SQLite

  Artikel ini akan membahas tentang, tipe data yang didukung SQLite,  kelebihan dari SQLite, kekurangan SQLite, kapan sebaiknya ketika menggunakan SQLite dan kapan sebaiknya kita tidak menggunakan SQLite. Merujuk dari id.wikipedia.org disebutkan bahwa SQLite merupakan sebuah sistem manajemen basisdata relasional yang bersifat ACID-compliant dan memiliki ukuran pustaka kode yang relatif kecil, ditulis dalam bahasa C. SQLite merupakan proyek yang bersifat public domain yang dikerjakan oleh D. Richard Hipp . SQLite adalah perpustakaan menakjubkan yang disematkan di dalam aplikasi yang menggunakan. Sebagai database mandiri, berbasis file, SQLite menawarkan serangkaian menakjubkan alat untuk menangani segala macam data dengan jauh lebih sedikit kendala dan kemudahan dibandingkan dengan host, proses berbasis (server) database relasional. Ketika sebuah aplikasi menggunakan SQLite, integrasi bekerja dengan panggilan fungsional dan langsung dibuat untuk file memegang data (yaitu ...

Aplikasi Demo Penggunaan Memo ComboBox ListBox dan CheckBox (Belajar Lazarus #14)

Mempelajari Listbox yang Owner-Draw Lazarus telah kita bahas pada artikel sebelumnya, sekarang mari kita buat Aplikasi Demo Penggunaan Memo ComboBox ListBox dan CheckBox . CheckBox memberi dua pilihan (bahkan tiga pilihan) kepada pemakai, properti yang berkaitan dengan pilihan pada CheckBox yaitu: Ubah property Checked menjadi True agar CheckBox dipilih secara default. Ubah AllowGrayed menjadi True agar CheckBox mempunyai 3 pilihan, yaitu checked , unchecked dan grayed . Property State menyatakan apakah CheckBox dalam keadaan checked ( cbChecked ), unchecked ( cbUnchecked ), atau grayed ( cbGrayed ). Memo dipakai untuk memasukkan data yang lebih dari satu barus. ListBox menampilkan daftar dan Anda dapat memilih item-itemnya: Property Items dibakai untuk mengisi pilihan-pilihan yang mungkin. ItemIndex menyatakan item yang dipilih.  MultiSelect menyatakan apakah dapat memilih lebih dari satu pilihan pada saat yang bersamaan. Sorted menyatakan apakah daftar terurut sec...

Penggunaan MessageDlg Lazarus Free Pascal

Mari belajar Penggunaan MessageDlg pada Lazarus Free Pascal . MessageDlg berfungsi menampilkan pesan di tengah layar, kelebihan funsi MessageDlg dibandingkan dengan ShowMessage yang telah kita pelajari sebelumnya adalah kita bisa menentukan sendiri Caption dari kotak pesan, menentukan tipe gambar dan tipe tombol yang digunakan. Syntax Penggunaan MessageDlg Lazarus Free Pascal: MessageDlg('Isi Caption','Isi Pesan',Tipe Gambar,Tipe Tombol,0) Contoh: MessageDlg('Peringatan','Isikan banyak barang!',mtWarning,[mbOk],0) Maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini: Jenis-jenis Tipe Gambar: mtWarning : Tanda seru berwarna kuning. mtError : Tanda silang warna merah. mtInformation : Huruf i warna biru. mtConfirmation :  Tanda tanya warna biru. mtCustom : Tidak ada gambar. Jenis-jenis Tipe Tombol: mbYes : Tombol dengan tulisan 'Yes'. mbNo : Tombol dengan tulisan 'No'. mbOK : Tombol dengan tulisan 'OK'. mbCan...